Tips Dan Trik

dapatkan Kumpulan tips dantrik yang lengkap disini

  • Gudang Data

  • Teknik Dasar Membuat Efek Mozaik dengan Background Gambar

    Posted by Rachmat Hidayat on 31 May 2009

    Efek ini keren banget.. apalagi kalo background nya pake foto-foto kecil.. wih…. sekarang saya cuman kasih tehnik nya aja foto nya cuman ada 60 buah buat background nya.. soalnya kalo kebanyakan cape juga hehehehe..

    Untuk membuat efek mozaik ini saya pake fungsi Actions. mungkin pada blom tau juga tentang fungsi yang satu ini.. Manfaatnya banyak banget.. terutama kalo kita mau buat sesuatu ukuran (duplikasi ukuran ) atau efek (duplikasi efek ) yang sama dengan gambar sebelumnya.. Apa ya..?? hmm..  jadi intinya Actions ini akan merekam seluruh kegiatan edit mengedit gambar lalu si Rekaman tadi bisa di Apply ke gambar yang lain dengan syarat ukuran nya sama.. atau mendekati lah. keren kan?

    Mulai yaa..

    Kumpulin gambar-gambar yang nantinya mau dibikin background..  saya Pake foto mobil-mobil saya  hehehehe.. ada 60 gambar…

    mobil

    Pilih / select semua gambar yang ada di folder tadi lalu DRAG atau geser sambil klik mouse, ke Jendela Software Adobe Photoshop.

    mobil2

    Sekarang semua gambar udah masuk ke photoshop.

    mobil3

    Sekarang buka ACTIONS palette atau Klik Windows > Actions. Lalu Klik New Action untuk membuat Rekaman baru..

    Isi nama rekaman dengan Croping. Klik tombol Record.

    mobil4

    Sekarang Tombol Record berwarna Merah pertanda “beliau” sedang merekam..

    mobil5

    Nah sekarang Crop salah satu file gambar tadi.. dengan ukuran Weight = 80 pixel , Height = 80 pixel resolusi 72.

    mobil6

    Sekarang Crop bagian gambar

    mobil7

    lalu save file nya.

    mobil8

    Klik tombol STOP di Actions Palette.. pertanda .. proses ngerekam sudah berakhir.. dan tombol record tadi berwarna abu2.

    mobil9

    Sekarang tutup file yang sudah di crop tadi.. lalu buka file yang lain nya.. Tekan Tombol Play .. Otomatis file gambar yang baru ter CROP secara otomatis mengikuti pendahulunya.. dan bahkan sudah sekaligus SAVE.

    mobil10

    Ulangi ke file gambar yang lainya.. agak cape sih.. tapi untuk hasil yang maksimal.. cape dikit gak jadi masalah .. ya kan?

    mobil11

    Sekarang semua file sudah berukuran 80 pixel x 80 pixel. siap untuk digabung.. sebenernya gak harus 80 pixel.. lebih kecil ukurannya, lebih bagus.. dan gambarnya lebih banyak.

    Klik File >Automate > Contact Sheet II ( Saya pake CS3 dan blon Coba di Adobe Photoshop CS 2 ke bawah ada apa enggak.. )

    Setting seperti gambar dibawah :

    mobil12

    Saya seting dengan Ukuran 640 x 560 .. Kita punya 60 gambar dengan ukuran 80 pixel x 80 pixel.

    jadi kita susun 8 gambar ke samping dan 7 gambar ke bawah..

    80 pixel x 8 gambar = 640 < Arah Horizontal(WIDTH )

    80 pixel x 7 gambar = 560 < Arah Vertikal (HEIGHT)

    Jadi kita cuman pake 56 gambar aja.. yang 4 delete aja.

    Klik browse untuk memilih folder yang  gambarnya akan di gabung. Sesuaikan dengan settingan di atas.Klik OK.

    ……………………………………… tunggu agak lama.. tergantung banyak dan ukuran gambar nya.

    Hasilnya :

    mobil13

    Jadi deh penggabungan gambarnya..

    Sekarang buka foto yang mau diedit ..

    mobil14

    hehehe.. ini foto sama anak.. hehehe.. wah.. saya udah beruban!!

    Drag foto ke file file gambar-gambar mobil tadi..

    Beri Efek Hard light di layer foto.

    mobil15

    Hasilnya  :

    hasil

    Gabungan mobil nya terlalu besar.. coba dikecilin.. pasti hasilnya keren!

    kalo gambar mobilnya banyak banget hasilnya gini  :

    hasils

    Selamat mengotak-atik !

    sumber : http://ilmuphotoshop.com

    2 Responses to “Teknik Dasar Membuat Efek Mozaik dengan Background Gambar”

    1. Agus said

      thank to tehniknya ya…

    2. johan said

      wah tekniknya mantap banget🙂

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s

     
    %d bloggers like this: