Tips Dan Trik

dapatkan Kumpulan tips dantrik yang lengkap disini

  • Gudang Data

  • Teknik Dasar Membuat Efek Mozaik dengan Background Gambar

    Posted by Rachmat Hidayat on 31 May 2009

    Pengenalan Tool untuk menggambar Vektor

    Oleh Sigit Eko S

    Setelah banyak yang minta tutorial tentang gambar vektor adobe photoshop, baru kali ini saya sempet bikin tutorialnya.. Inipun gak langsung ke gambar vektor nya.. tapi saya akan bahas tentang tool nya dulu aja.. gimana mau dapet ikan kalo kita gak bisa cara pake pancing nya .. tul ga? :p .

    Seejaatinyaaa .. (mengutip dari Republik Mimpi atau Insert Investigasi .. hehehe :p) untuk menggambar vektor itu menggunakan software-software yang sudah dikhususkan seperti Corel draw, Adobe Illustrator atau Freehand. Tapi kalau bisa menggabungkan image dan vektor di photoshop, wiihh.. hasil editan jadinya tambah Woookeh alias Top Markotop (mengutip dari wisata Kuliner ( Om Bondan) ) :p!

    Ya udah skarang langsung aja. Tool apa aja sih yang digunain untuk menggambar vektor dengan photoshop..?

    Tool nya yaitu Pen Tool Bersaudara.

    Pen Tool BersaudaraVector Tool

    Untuk Memunculkan tool -tool diatas ,  kita tinggal klik yang agak lama di pen tool, nanti keluar menu pilihannya.

    Kalo kita sudah memilih  pen tool, di Option bar ada pilihan Shape Layer dan Path.

    Shape layer :

    shape-layer

    Jika kita gambar menggunakan pen tool dan memilih shape layer. maka gambar yang dihasilkan otomatis akan berwarna sesuai warna yang dipilih. Dan otomatis di layer palette akan terbentuk 1 buah layer dengan nama shape 1.

    shape

    kita bisa ubah gambar tersebut jadi Image dengan cara klik kanan di layer klik Rasterize layer.

    Path

    path

    Kalo kita gambar suatu bentuk dengan menggunakan PATH maka gambar yang dihasilkan tidak ada warna nya ( tidak ke print ) dan hanya berupa garis bantu aja dan bisa diedit.

    pentools PenTool

    Dengan pentool ini kita bisa bikin suatu bentuk bebas sesuai dengan keinginan kita.. Bisa juga berfungsi sebagai selection tool.

    cara penggunaannya cukup Klik dan drag aja.

    Klik : kalo mau bikin 1 titik dan lancip atau berbentuk sudut.

    Drag : titik berbentuk lengkung.

    pen-tool

    Harus sering latian biar lancar.

    free-form-pen-tool Freeform Pen Tool

    Fungsinya sama dengan PenTool tapi cara pake nya yang beda.

    Cara pake nya dengan menekan terus Mouse sambil digeser sesuai bentuk yang pengen dibuat (DRAG)

    freeform-pen-tool

    add-anchor-point-tool1 Add Anchor Point Tool

    Lambang tool ini ada tanda + nya. Fungsi nya untuk menambahkan titik di garis yang sudah jadi.

    Cara pake nya : cuman tinggal klik di tempat yang mau ditambah titik nya.

    add-anchor-point-tool

    delete-anchor-point-tool1 Delete Anchor Point Tool

    Lambang tool ini ada tanda Minus (-) nya.

    Fungsinya untuk menghapus atau menghilangkan titik yang udah ada sebelumnya.

    Cara pake nya : Klik di titik yang mau di hapus / dihilangkan.

    delete-anchor-point-tool

    convert-point-tool1Convert Point Tool

    Fungsi tool ini untuk mengubah titik yang berbentuk sudut ke titik yang berbentuk lengkung dan juga Sebaliknya dari titik berbentuk lengkung ke titik berbentuk sudut..

    Cara pake nya :

    Lengkung ke Sudut : Cuman Klik di titik lengkung yang mau di jadiin titik sudut.

    Sudut Ke Lengkung : Klik sambil geser (drag) ke kiri atau kanan atau atas atau bawah.

    convert-point-tool

    Setelah kita selesai gambar pake pentool biasanya ada yang kurang atau bentuknya kurang bagus. Kita gunakan path editor tool seperti Path selection tool dan direct selection tool.

    path-selection-tool1Path Selection tool

    Fungsinya untuk memindahkan gambar path kemanapun.

    Caranya cuman Klik lalu drag ke tempat tujuan.. (jangan lupa bayar ongkos) hehehe.

    path-selection-tool

    direct-selection-tool1Direct Selection Tool

    Untuk mengedit bentuk gambar path yang udah ada.

    Caranya dengan mengklik gambar path nya, sampai semua titik berwarna putih. Lalu klik salah satu titik yang mau diedit lalu geser.

    direct-selection-tool

    Mungkin itu dulu aja teori nya..

    Postingan selanjutnya saya coba edit foto digabung dengan Vector.

    Sekarang pelajari sendiri dulu aja. otak atik.. klak klik.. hehehe..

    Selamat Belajar!

    3 Responses to “Teknik Dasar Membuat Efek Mozaik dengan Background Gambar”

    1. ini artikel yang saya cari terima kasih yaa

    2. Muhtar said

      Bisa lebih dtail gak.?

    3. arie said

      makasih mas,,,,mga ke dpn lbih baik gi

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s

     
    %d bloggers like this: