Tips Dan Trik

dapatkan Kumpulan tips dantrik yang lengkap disini

  • Gudang Data

  • Tips Mencegah dan Mengobati Amandel

    Posted by Rachmat Hidayat pada 21 Mei 2009

    Kali ini saya akan membahas mengenai Amandel. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Beberapa pertanyaan yang ada dibenak kita seberapa bahaya penyakit ini? Sebenarnya amandel sendiri memang selalu ada pada setiap tubuh manusia, disini kita menyadari betapa menakjubkannya sistem tubuh manusia. Amandel sendiri merupakan salah satu sistem proteksi tubuh.

    Amandel atau tonsil merupakan kumpulan jaringan limfoid yang terletak pada kerongkongan di belakang kedua ujung lipatan belakang mulut. Amandel sendiri berfungsi mencegah agar infeksi tidak menyebar ke seluruh tubuh dengan cara menahan kuman memasuki tubuh. Oleh karena itu kelenjar amndel ini meradang. Peradangan pada Kelenjar amandel ini disebut dengan tonsilitis, penyakit ini merupakan salah satu gangguan THT (Telinga Hidung & Tenggorokan). Tonsilitis dapat bersifat akut atau kronis. Bentuk akut yang tidak parah biasanya berlangsung sekitar 4-6 hari, dan umumnya menyerang anak-anak pada usia 5-10 tahun. Sedangkan radang amandel/tonsil yang kronis terjadi secara berulang-ulang dan berlangsung lama.

    Pada radang amandel yang akut biasanya dimulai dengan gejala sakit tenggorokan yang ringan hingga menjadi parah, sakit saat menelan makanan, kadang-kadang muntah. Tonsilitis dapat menyebabkan amandel menjadi bengkak, panas, gatal, sakit pada otot dan sendi, nyeri pada seluruh badan, kedinginan, sakit kepala, dan sakit pada telinga. Kelenjar getah bening melemah di dalam daerah submandibuler. Bagian belakang tenggorokan akan terasa mengerut sehingga sukar menelan. Peradangan tonsil yang akut ataupun pembengkakan tonsil yang tidak terlalu besar dan tidak menghalangi jalan pernapasan, serta tidak menimbulkan komplikasi tidak perlu dilakukan pembedahan/operasi, karena tonsil yang terbuat dari jaringan getah bening dapat berfungsi mencegah tubuh agar tidak terkena penyakit yang berhubungan dengan infeksi.

    Beberapa upaya yang dapat kita lakukan sendiri dirumah untuk pencegahan, perawatan dan pengobatannya dilakukan beberapa langkah sebagai berikut :* Diusahakan untuk minum banyak air atau cairan seperti sari buah, terutama selama demam.
    * Jangan minum es, sirop, es krim, makanan dan minuman yang didinginkan, gorengan, makanan awetan yang diasinkan, dan manisan.
    * Berkumur air garam hangat 3-4 kali sehari.
    * Menaruh kompres hangat pada leher setiap hari.
    * diberikan terapi antibiotik (atas petunjuk dokter) apabila ada infeksi bakteri dan untuk mencegah komplikasi.
    * Istirahat yang cukup.

    Namun apabila radang amandel kronis dengan pembengkakan tonsil yang terlalu besar sehingga mengakibatkan terganggunya jalan pernapasan, atau munculnya komplikasi, biasanya diperlukan pembedahan/operasi untuk mengeluarkan tonsil. Apabila terjadi peradangan yang kronis disarankan untuk berkonsultasi kedokter spesialis THT untuk penanganan dan tidakan selanjutnya.

    Mudah-mudahan bisa sedikit membantu :) Senang rasanya bisa ngeblog lagi :) sekali lagi saya minta maaf.

    Sumber :http://kesehatangigi.blogspot.com/2008/07/amandel.html

    About these ads

    18 Tanggapan to “Tips Mencegah dan Mengobati Amandel”

    1. harizan berkata

      confius bila baca artikel ni….setahu saya dari kebanyakan kawan yang anak nye biase kene TONSIL…rata2 klu refer doktor…malah Doktor Pakar lagi…disarankan makan ais krim…tap yang jenis cremer vanila la…bukan ais krem buatan sendiri tu ( ais krem malaysia)…so pertanyaan dr artikel di ats ….ais krim ape yang di katakan JANAGN tu???????

      Sekarang anak saya 1 thun 9 bulan mengalami tonsil….

    2. handryas berkata

      ya ya ya… idem deh ama Harizan, nah qo pertanyaannya belum dijawab..???

    3. Apakah Ini Benar Cara Mencegah amandel?
      Aku Ingin Mencobanaya Tapi Saya Masih Ragu?

    4. Ayu berkata

      Anak sy jg mengalami amandel,kata dokter sih gak boleh mkn ice cream,sirop,makanan dingin,mknan pengawet,sebgs ciki.klu dah mkn ini kambuh lg.asal dijaga mknanya

    5. artana berkata

      saya termasuk penderita radang amandel tapi belum begitu parah, setau saya pendrita radang amandel tidak boleh makan makanan yang dingin (contohnya es cream), makanan manis dan berminyak ! saya pernah nyoba tips yang dikasi tetangga, dia nyuruh saya makan nanas mentah rutin satu nanas sehari dalam 2 hari radang amandel saya sembuh rasa sakit pada tengorokan hilang ! yang mau nyoba silahkan ……………………………………

    6. dwi berkata

      ya,saya juga punya penyakit amandel,saya ingin amandel saya sembuh tapi tanpa operasi,,tapi dg obat-obatan herbal,nggak mahal,and gampang dicari,,gimana yaaaaaa

    7. rita wati berkata

      apakah penyakit bisa benar benar sembuh?

    8. asty berkata

      cara nya dengan operasi,tapi bisa juga dgn alternatif.kurangin air es dan pecin

    9. ratika berkata

      itu emang manjur atau gak y ?
      kata orang2, klu mkn ice cream walls gk apa2, bener gk tuch ?
      klu amandelny tiap bulan kambung, it gimana y solusinya ?

    10. kemal berkata

      suadah hampir 1 tahun saya punya benjolan di bagian mulut yg belakangan saya ketahui sebagai amandel, tapi sekarang pada benjolan itu terdapat bintik putih yg sedikit keras & sangat terasa kasar oleh lidah.
      Apakah bintik putih itu pengaruh dari kebiasaan saya minum yogurt…?

    11. noer sidiq berkata

      aq juga sedang mengalami amandel

    12. riyani berkata

      Saya juga Ĺªĝί amandel, tp Kayanya udh kronis dech. Alnya dh gede bgt amandelnya. Skrng amndelnya lg skit gara” mkn pedes!! Duh gmn ya solusinya biar amandel ini smbuh tampa operasi. Dh ​ƍäª kambuh Ĺªĝί!!

    13. desy berkata

      ak jga gi ngalami amandel.dan rasa na sakit banget,mau buat maem ja susah banget.gara” na cma maem pedes ma minum es.gmn ya solusi yang cepet biar amandel sembuh tanpa dioprasi.

    14. intan berkata

      untuk@Artana : apakah makan nanas mentah itu bisa mngatasi rasa sakit amandel..?
      karna adeg saya mengalami hal tersebut.
      tolong balaz.

    15. Tison berkata

      Bagaimana jika amandelnya di buang lewat operasi apakah itu lbh baik?

    16. suciptoblog berkata

      Reblogged this on Sucipto Personal Blog.

    17. Jony berkata

      kalo dipikir-pikir ya seharusnya kita bersyukur karena adanya amandel. meski sedemikian tidak enaknya tapi itu salah satu usaha tubuh kita untuk terproteksi dari virus atau bakteri sejenis streptococcus. Penyakit ini kalo belum akut masih bisa dihilangkan dengan cara berhenti meminum minuman dingin, gorengan, dan pedas selama gejala amandel masih ada. Harus diingat berhenti bukan mengurangi. jika amandel sudah hilang Anda bisa minum dingin, makan pedas lagi secara bertahap dan jangan terlalu sering. selain itu Anda dapat pula meminta antibiotik pada dokter. sebagai upaya preventif jaga selalu kesehatan mulut Anda, banyak makan-makanan yang bervitamin (terutama vitamin C), dan rajin sikat gigi dan berkumur dengan mouthwash.

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

     
    Ikuti

    Get every new post delivered to your Inbox.

    %d bloggers like this: